Kamis, 12 April 2012

masak gak masak yang penting makan



Ditinggal nyokap pergi jauh dan dirumah sendirian ma bokap emang susah banget ya !.  Apalagi gue harus masak, bersih-bersih rumah dan pekerjaan rumah lainnya. Kalau masalah nyuci baju, nyapu, ngepel gue sih bisa banget. Tapi kalau masalah masak memasak buat makan jangan tanyakan lagi deh. Paling-paling gue bisanya cuma masak air, masak mie instant, telur sama nasi goreng. Kan gak mungkin banget kalo bokap gue masakin mie terus-terusan. Tapi kalo gue masak, gue mau masak apaan coba??. Tiba-tiba bokap gue manggil gue dari dapur. “wulan...”. “iya pak”. “kamu bisa masak sambel panggang gak??”. (sejenis masakan yang hanya ada ikan panggang di atas sanbel). Deg !! mendadak hati gue jadi galau. “sambel panggang ya pak?”. “iya, bisa gak?”. “emm...dicoba dulu deh pak”. “yaudah ini bapak kasih uang, terus kamu pergi ke pasar beli ikan panggang 5 ekor”. “emm iya pak”. Gue ambil uangnya, terus gue jalan kepasar dengan bingung dan dalam keadaan belum mandi. Ya bukan karena di rumah kagak ada air terus gue gak mandi gitu bukan kok. Tapi emang ini kebiasaan gue kalo pada hari libur khususnya hari minggu. Bisanya kalo 2 hari kan mandinya 4 kali. Lah kalo gue pas libur 2 hari mandi cuma 2 kali. Hehe gue jorok juga ya ternyata. Tapi walaupun gue mandi, wajah gue sama aja gak berubah sedikitpun, sama-sama masih kiyut-nya. Paling yang bikin beda cuma bajunya aja. Sampe-sampe nyokap gue aja gak bisa bedain gue. Nasib nasib.
Berhubung jarak antara pasar sama rumah gue Cuma 200 meter, nyampe deh gue di pasar. Gue bingung lagi nih sob mau pilih ikan yang mana, penjual yang mana, dan harga yang mana pula gue harus membeli. Soalnya yang jualan ikan lebih dari satu. Ya namanya aja pasar, tempat berbagai orang jualan. Karena gue bukan emak-emak yang sukanya memilah memilih, gue langsung putuskan hari itu juga ke mana gue harus beli ikan. (eh ngomong-ngomong ini mau milih ikan ato mau milih jodoh sih?). gue langsung nyamperin ibu-ibu yang rada-rada tua. “barapaan ini buk?”. “2000-an nak”. Tanpa pikir panjang dan tanpa negosiasi gue langxung meng-iyakan aja tawaran si ibuk. “ya uda deh buk, ambil 5 ekor yak”. “ini nak ibu kasih ikan 1 lagi”. Gue bingung deh, ni ibuk ngasih bonusan gue karena gue beli ikan agak banyak ato karena kasian lihat gue yang lusuh ini ya???. “ohnmaksaih ya buk”. Tanpa pikir panjang kali lebar ntar malahan hasilnya sama dengan luas, gue langsung pergi meninggalkan sang ibuk penjual ikan panggaang tadi. Gue jalan ke bagian sayur mayur. Karena hari itu gue mau nyoba masak masakan yang gue suka, kalo disini namanya ‘orak-arik’ (tumisan yang berisi potongan bakso, wortel, buncis dan bunga kol dicampur jadi satu bersama telur ayam). Hari itu gue habis belajanya Cuma dikit. Beli ikan panggang habis 10.000, terus beli sayuran 5000, dan telurnya 4000. Total 19.000 pake rupiah. Berhubung semua uda gue beli, gue langsung cabut kerumah. Dijalan gue nelpon nyokap gue, gue nanya apa aja bumbu buat massak sambel panggang sama ‘orak-arik’. Setelah di jelasin apa aja yang gue harus siapkan, ternyata gue lupa bumbu-bumbunya tadi. Emang dasarnya gue agak lemot sih jadi jadi lupa deh !!.
Dengan memori yang tersisa di otak gue. Gue nyoba buat mengingat-ingat bumbu-bumbu tadi/ gue masukin bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, teasi dan tomat ke penggorengan. Karena seingat gue, masak smabel panggang itu bumbu-bumbunya di goreng dulu sebelum digiling. Terus gue telajangin sang ikan. Eits jangan berfikiran jorok dulu, maksudnya gue pisahin antara daging-nya ikan sama kulitnya. Tiba saatnya pada proses yang paling bikin gue sebel !. yaitu nge-giling bumbu !!. bikin tangan pegel en kriting tau gak sih. Alhasil gue ngegiling ni sambel selama setengah jam. Lama banget kan??? Bikin setres!!.  Setelah gue giling sampe halus, jadi deh sambel ala chef wulan yang gak tau gimana rasanya. Akhirnya masakan satu uda kelar, kali tinggal satu masakan lagi yang harus gue masak yaitu ‘orak-arik’. Gue potong-potong wortel, buncis, bunga kol, dan baksonya. Gak lupa dong sayurannya diicuci dulu biar higienis gitu ceritanya. Terus gue potong-potong bumbu-bumbu ala kadarnya. Gue campur aduk jadi satu dipenggorengan sampe layu. Setelah beberapa saat gue nunggu sampe deg-deg-an gak karuan, akhirnya jadi deh maakan gue. Kasih tepuk tangan dong.....hehehehehe. berhubung cacing-cacing gue yang ada di perut uda joget-joget kek trio macan, gue ambil piring terus nyobain masakan gue tadi. Dan berdoa semoga habis makan masakan gue ini gue gak mati konyol hanya gara-gara keracunan masakan sendiri. Kalo semua itu terjadi kan gak lucu !!. perlahan – lahan gue masukin sendok gue ke mulut dan gue kunyah pelan-pelan. Dan apakah yang terjadi pemirsa??? Ternyata rasanya HAMBAR !! HAMBAR PAKE BANGEEEETT !! busyet dah tobat-tobat.... gue terusin makan gue walau rasanya hambar banget sob. Ya mau gimana lagi?? Perut gue laper banget, mau gak mau ya harus makan masakan gue. Gue makan masakan itu sampe-sampe mau nangis tau gak. Dalam hati gue bertanya-tanya APA SALAHKU YA ALLAH.... APA??????. Ternya gak hanya masakan ini aja yang ancur, tapi yang satunya lagi juga ancur !! pokoknya ancur semua deh !. dan sampe-sampe bokap gue mau ngebuang masakan gue tadi. Tapi alhasil gak jadi karena gak sengaja waktu bokap selesai makan gue lewat dapur dan bokap gak jadi ngebuang deh. Gue gak habis pikir, APA SEANCUR ITUKAH RASA????. Sedih banget dah gue. Sediiiiih bangeett...... dalam hati gue treak : EMAAAKKK CEPETAN PULANG NAPE MAK !! ANAKMU TERSIKSA GAK BISA MASAAAKKK....!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar